Inovasi Belajar Baru HMJ IPA “Fun Learning”

Ponorogo-Sabtu (6/10/2018) Jurusan Tadris IPA mengajak mahasiswa belajar di luar ruangan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pembelajaran mahasiswa baru yang dirasa masih kurang paham dengan materi di kampus. Selain itu, dengan adanya fun learning, diharapkan mahasiswa antar angkatan bisa semakin akrab tanpa kesenggangan sosial. Sosialisasi pada ketua kelas yang sedikit mendadak, sengaja dilakukan untuk menyongsong kegiatan UTS (Ulangan Tengah Semester) pada hari senin mendatang.

Pada pukul 08.00 WIB pemateri (berasal dari angkatan 2017) mengajak pengurus HMJ  (Himpunan Mahasiswa Jurusan) telah bersiap di Taman GOR Suromenggolo Jalan Pramuka Ponorogo. Tak lama setelah itu satu persatu mahasiswa angkatan 2018 hadir. Sekitar pukul 08.30 acara dimulai oleh perwakilan Devisi Riset. Selanjutnya, panitia membagi maba sesuai mata kuliah yang kurang dimengerti. Karena kegiatan ini masih perdana dan sosialisasi yang dadakan, mahasiswa angkatan 2018 yang datang hanya berjumlah 10 orang dari total 119. Dari 10 orang tersebut, 7 orang maba memilih belajar mata kuliah bahasa arab, dan 3 sisanya belajar fisika. Dengan jumlah pemateri yang lebih banyak dari pada peserta, tak ada satupun peserta yang luput perhatian. Materi yang diajarkan berasal dari maba sendiri. Maba diperkenankan memilih materi yang ingin dipelajari dan pemateri langsung menjabarkan.

Fun Learning mendapatkan respon yang baik oleh mahasiswa angkatan 2018, menurut mereka kegiatan ini sangat membantu. “Membantu banget kak kegiatannya, kalo bisa mata kuliah yang dibahas ditambah ya kak. Ntar diadakan lagi.” Ungkap Tri Utami kelas IPA .. angkatan 2018. Selain Tri, Indah Kurniasari juga menguatkan pernyataan ini. Ia juga merasa sangat terbantu dengan hadirnya inovasi baru dalam kegiatan HMJ 2018. Sedangkan dari Izza ketua Divisi Riset, berharap agar kegiatan ini bisa istiqomah dan dapat dilaksanakan setiap bulannya.

Tepat pukul 11.00 kegiatan berakhir. Meskipun agenda yang dijadwalkan panitia hanya 2 jam, namun kesenangan membuat lupa waktu. Sehingga kegiatan molor sampai setengah jam. Tapi tidak menjadi masalah, karena dari panitia maupun peserta sangat menikmati kegiatan fun learing ini.