LOKAKARYA TINDAK LANJUT HASIL AKMI (ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA) TINGKAT MADRASAH

Tadris IPA IAIN Ponorogo- Bulan Oktober 2023 yang dimana pada saat itu terdapat kegiatan berupa “Lokakarya Tindak Lanjut Hasil AKMI (Asesesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) tingkat Madrasah angkatan 2”. Dari beberapa dosen Tadris Ilmu Pengetahuan Alam terdapat 6 dosen yang diberi tugas untuk menjadi instruktur Daring dari literasi sains melalui media dare zoom meeting. Kegiatan tersebut dilaksanakan tepatnya dimulai dari hari Senin sd Jum’at 16 sd 20 Oktober 2023. Dari enam dosen tersebut diantaranya yaitu : Anis Afifah, M.Pd/, Arinta Windiyanti R, M.Sc/DLB223, Muhamad Khoirul Anwar, M.Pd . / DLB183, Rahmi Faradisya Ekapti, Titah Sayekti, M.Si. / DLB222, Ulinnuha Nur Faizah, M.Si.

Oktober 2023 merupakan pelaksana lokakarya tindak lanjut hasil AKMI tingkat Madrasah angkatan ke 2. Yang dimana pada bulan November diaksanakan juga lokakarya mengenai tindak lanjut AKMI untuk angkatan ke 3, 4 bahkan 5. Jadi dalam rangkaian acara berakhir tindak lanjut AKMI ini terdapat beberapa angkatan yang mengikutinya . Dan beberapa dosen yang disebutkan dalam surat tugas tersebut menjadi instruktur dalam pelaksanaanya. Dosen-dosen tersebut sebagian besar merupakan dosen Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Tujuan dari AKMI yang dilaksanakan yaitu untuk mengukur kemampuan siswa dalam empat jenis kemampuan: membaca, berhitung, sains, dan kemampuan sosiokultural. Sebenarnya tidak semua siswa madrasah mampu mengikuti ujian ini. Pengertian Mendasar dari AKMI sendiri ialah bentuk evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Agama untuk mengukur kemampuan siswa madrasah dalam bidang membaca, menulis, berhitung, literasi sains, dan kompetensi sosial budaya.

Pelatih Instruktur Daring (TID)

Trainer Instruktur Daring (TID) adalah guru/Dosen mereka yang mengikuti Workshop Trainer-to-Trainer dan Workshop Tindak Lanjut Hasil AKMI secara bold. Guru/Dosen yang menjadi pelatih guru berani bertugas melatih guru lain cara membaca hasil AKMI dan menyusun strategi untuk meningkatkan pembelajaran berdasarkan hasil tersebut.

Penulis Oleh: Prifatma Baqiatun Nafiah

 

Author

About Me

Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Recent Posts

Our Videos