OSCEAN 2020

IAIN PONOROGO – Pada tanggal 22 Februari 2020, HMJ Tadris IPA kembali menunjukkan solidaritasnya melalui event bergengsi yang diadakan di aula Indrakila, IAIN PONOROGO. Mengusung tema “Sciencetizenship Sebagai Penyeimbang Globalisasi Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Emas 2045”, event ini diberi nama OSCEAN 2020 (Olympiad of Natural Science Education 2020) yang sukses diikuti siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-ekskarisidenan Madiun. OSCEAN ini merupakan agenda tahunan dari HMJ Tadris IPA yang sudah terlaksana 2 kali sejak tahun 2019. Membuka stand lomba Olimpiade IPA untuk tingkat SMP/MTS se-ekskarisidenan Madiun dengan peserta lomba berjumlah 12 regu dan stand lomba essay dan fotografi untuk tingkat SMA/MA/SMK se-ekskarisidenan Madiun dengan masing-masing 20 dan 19 regu sukses dilaksanakan dengan persiapan yang matang.

Acara pembukaan yang secara langsung dipimpin oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr.Ahmadi, M. Ag. dan Kepala Jurusan Tadris IPA, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd. menyatakan bangga akan terlaksananya kegiatan besar yang melibatkan banyak pihak ini. Acara berlangsung dari pagi hingga sore yang diawali dengan sosialisasi dari Bimbel AIRLANGGA yang juga mendukung acara ini. MTsN 1 Ponorogo keluar sebagai pemenang lomba olimpiade yang diketuai oleh Risa Alvia Zahara dan anggota tim Nabila Prasetya Kartika Utami dan Nastiti Wima AL Husna. Sedangkan untuk lomba essay dimenangkan oleh SMAN 1 Badegan yang diketuai oleh Windu Saharani Pertiwi dan anggotanya Bella Bunga Sejagad dan Melinda Anggraini Puspita dengan total nilai rata-rata 90 point. Selanjutnya untuk perlombaan fotografi dengan perolehan point rata-rata 78 dimenangkan oleh MA Azmania Ponorogo oleh Linda Amelia Putri.

Berlangsungnya kegiatan besar seperti OSCEAN 2020 diharapkan kedepannya mampu meningkatkan pengalaman bagi anggota HMJ Tadris IPA sendiri khususnya dan mampu menambah ilmu dan sebagai ajang pembuktian diri secara umum bagi peserta yang berpartisipasi.
Segenap panitia yang terlibat sangat berterimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat dan turut menyukseskan acara OSCEAN 2020. Semoga di tahun yang akan datang event ini tetap berlangsung sebagaimana suksesnya ditahun-tahun sebelumnya. (08/03/2020)

Lihat lebih banyak foto disini