Debat Ilmiah 2019

IAIN PONOROGO– Tadris IPA kembali menggali kekuatan sumber daya mahasiswanya melalui kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam event DEBAT ILMIAH. Kali ini anggota HMJ mengusung tema Optimalisasi Nilai Paradigma Sains untuk Menanggapi Keluh Bumi Pertiwi. Acara yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 01 November 2019 pukul 13.00 ini berlangsung sangan meriah. Banyak partisipan dengan antusiasme tinggi mengikuti acara ini. Debat berlangsung dengan sportif dan cukup menegangkan. Diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan Tadris IPA mulai angkatan pertama hingga termuda menampilkan sejumlah perwakilan dengan argumen yang sangat mengesankan.

Sambutan sangat baik ditunjukkan oleh Kepala Jurusan Tadris IPA, Dr. Wirawan Fadly, Mpd. Dalam sambutan pembukaannya beliau berpesan “kegiatan semacam ini sangat baik untuk dikembangkan, semoga disemester depan kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dan menjadi kegiatan rutin jurusan disetiap tahunnya.” Beliau mengungkapkan bahwasannya kegiatan debat seperti ini akan memunculkan pioneer dengan karakter argument yang mumpuni, menambah pengetahuan, dan menciptakan silidaritas jurusan tadris IPA itu sendiri.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan kelas dengan total kurang lebih 15 kelompok ini menggeret banyak mosi debat yang sedang hangat terjadi di lingkungan dan masyarakat. bertempat di gedung Indrakila IAIN ponorogo acara ini sukses mengantarkan Tadris IPA A angkatan 2019 menjadi juara pertama.

Skor diperoleh dengan selisih sangat tipis setiap kelompoknya membuktikan Tadris IPA sebagai jurusan dengan mahasiswa berbakat dalam argument dan pengembangan pengetahuan.

Debat ilmiah ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian jurusan Tadris IPA dalam menanggapi keadaan lingkungan yang sedang terjadi, melatih kepekaan dan belajar mengeluarkan pernyataan dan argument berdasarkan fakta ilmiah. Dalam jangka panjang debat ini adalah bentuk persiapan dari jurusan Tadris IPA sendiri menghadapi persaingan dengan jurusan Tadris IPA dari universitas dan institute yang lain. (25/11/2019)